5 Alasan Mengapa Wajib Belajar Statistika

Statistika adalah dasar dari berbagai bidang ilmu. Mulai dari bidang ilmu pendidikan, teknik, sampai ilmu sosial. Kalau Anda adalah mahasiswa, pasti ada mata kuliah statistika di jurusan Anda, kan?

Statistika adalah mata kuliah yang saya ambil ketika kuliah dulu. Saya kuliah tentang komputer, tapi statistika adalah mata kuliah wajib saya waktu itu.

Kenapa statistika sampai ada di hampir semua jurusan kuliah? Seberapa penting bidang ilmu ini, ya?

Salah satu alasan kenapa statistika ini penting adalah karena ia ada dimana-mana. Anda akan menemukan statistika di mana saja. Misalnya, saat menonton televisi, Anda sedang nonton berita tentang naik turunnya perekonomian negara. Melalui TV, Anda juga bisa tahu seberapa banyak masyarakat yang mengidap penyakit HIV/AIDS. Ketika Anda mengikuti ujian CPNS, Anda bisa tahu berapa skor yang diraih oleh Anda dan orang lain setelah ujian selesai. Semua itu, adalah statistika.

Hampir semua hal di kehidupan ini, ada statistika di dalamnya.

Belajar Statistika

Mengapa statistika itu penting untuk dipelajari? Bukankah sudah ada ahli statistika? Kenapa kita yang tidak berprofesi sebagai ahli statistika harus repot-repot belajar?

Siapapun Anda dan apapun profesi Anda, statistika sangat penting untuk Anda pelajari. Berikut alasannya.

#1 Memperluas Pengetahuan

Statistika adalah ilmu pengetahuan yang penting bagi seorang peneliti, profesional, ataupun pelajar. Mengapa? Karena statistika bisa memperluas pengetahuan akan suatu bidang yang ditekuninya.

Salah satu langkah untuk memperluas pengetahuan adalah dengan menemukan masalah. Saat menemukan masalah, seseorang harus melakukan analisa atas masalah tersebut. Caranya gimana? Dengan statistika.

#2 Mengevaluasi Data

Statistija tidak hanya tentang angka, tapi juga tentang metode, prosedur, serta teori-teori yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah. Seorang ahli statistika wajib menguasai semua itu untuk membantu orang lain, sedangkan orang yang bukan ahli statistika wajib mengenal statistika untuk tahu apakah hasil yang diberikan ahli statistika sudah baik atau belum.

Nantinya, Anda bisa mengevaluasi data yang diberikan oleh ahli statistika kepada Anda.

#3 Menyusun Penelitian

Seorang mahasiswa harus mempelajari statistika, karena nantinya statistika akan ia digunakan dalam menulis skripsi. Skripsi adalah tugas akhir mahasiswa yang disusun dari berbagai metode dan sejumlah data. Data yang dikumpulkan, akan dianalisa melalui analisis statistika.

Apapun jurusan kuliah yang diambil, biasanya akan selalu ada pengetahuan statistika yang dibutuhkan untuk melakukan analisa skripsi yang disusun.

#4 Memprediksi Menggunakan Data

Seorang pemimpin perusahaan juga harus memahami statistika agar bisa mengetahui apakah perusahaannya sedang untung atau malah merugi. Analisis statistika memungkinkan seorang pengusaha untuk memprediksi keadaan bisnis. Apakah konsumen akan menyukai produk A atau malah tidak menyukainya. Apakah produk yang dijual akan laris selama beberapa bulan ke depan?

#5 Mengambil Kesimpulan

Statistika ada di salah satu mata kuliah di berbagai jurusan kuliah. Anda seorang mahasiswa arsitek, teknik sipil, ilmu komputer, ataupun manajemen bisnis? Statistika pasti ada di salah satu mata kuliah yang Anda pelajari. Karena itulah, statistika itu penting untuk dipelajari oleh mahasiswa.

Salah satu hasil di dalam skripsi yang disusun sebagai syarat kelulusan adalah kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan.

foto penulis

Penulis

adalah seorang Dosen di Bidang Ilmu Komputer. Ia bergelar Master of Computer Science dari Universitas Gadjah Mada.

Anda mencari sesuatu? Cari disini!