Mengapa Harus Belajar Machine Learning?

Machine learning adalah salah satu teknologi terbaru yang populer saat ini. Teknologi ini membuat sistem bisa belajar sendiri dan bisa punya pengalaman. Machine learning berfokus pada data, yaitu data di dalam komputer.

Data adalah nyawa dari industri. Keputusan yang diambil berdasarkan data, bisa menambah untung, menambah rugi, atau bahkan bangkrut. Machine learning menjadi kunci saat ini, agar industri tidak kalah dalam berkompetisi.

Kenapa machine learning bisa sangat penting? Apa untungnya mempelajari machine learning? Nah, alasan kenapa machine learning penting untuk dipelajari akan kita bahas di artikel ini.

machine learning

Membantu Banyak Perusahaan IT

Setiap kali Anda membuka situs Google, Anda sedang menggunakan machine learning. Mesin pencari Google bisa membantu Anda mencari apapun yang Anda cari berkat learning algorithm. Ini adalah algoritma machine learning yang memberi peringkat ke situs web. Peringkat ini membantu user menemukan situs yang dicari.

Facebook juga menggunakan machine learning. Setiap kali Anda melihat foto di Facebook, ada fitur yang membuat Anda bisa kenal dengan wajah di foto. Learning algorithm yang digunakan Facebook memudahkan penggunanya untuk mengenal siapa orang yang ada di foto mereka.

Digunakan di Berbagai Industri

Machine learning adalah kemampuan baru dari komputer yang digunakan di berbagai industri. Ada banyak orang di berbagai bidang yang akan tertarik untuk membahas machine learning. Ahli biologi, pilot pesawat, pebisnis, hingga dokter sangat tertarik untuk membahas perkembangan machine learning.

Beberapa contoh dari teknologi machine learning, yaitu:

  1. Database mining. Ada jutaan data yang dimiliki oleh website. Machine learning akan membantu menggunakan data ini untuk memahami pengguna website supaya layanan yang diberikan bisa lebih baik.
  2. Rekam medis. Machine learning memahami penyakit dengan lebih baik berdasarkan data yang ada di rekam medis.
  3. Biologi komputasional. Data gen manusia yang dipelajari oleh seorang ahli biologi akan dipelajari oleh machine learning agar ilmu yang diperoleh terhadap gen manusia menjadi lebih luas.
  4. Industri penerbangan. Para teknisi di industri ini sedang berusaha agar helikopter dapat terbang sendiri tanpa dikendalikan oleh manusia.
  5. Marketing perusahaan. Setiap keluh kesah konsumen tidak lagi dilayani oleh manusia. Machine learning akan menjawab semua pertanyaan dengan chatbot. Sebuah program yang dapat membalas pesan secara otomatis layaknya seorang costumer service.

Merupakan Skill Populer di Pencarian Kerja

Salah satu kemampuan yang paling dicari di bidang IT adalah machine learning. Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan ini. Sedangkan banyak sekali perusahaan yang mencari mereka. Maka, mulai belajar machine learning sekarang adalah langkah yang tepat.

Surat kabar New York Time pernah memberitakan kalau kurang dari 100.000 orang di dunia ini yang punya kemampuan di bidang artificial intelligence. Sedangkan kebutuhan industri akan mereka yang ahli, jauh lebih besar.

Kesimpulan

Machine learning sudah menjadi teknologi yang ada di berbagai industri. Teknologi ini akan segera menggantikan banyak peran dari manusia serta membantu manusia dalam pekerjaannya. Mulai mempelajari machine learning adalah langkah tepat untuk karir yang potensial di era teknologi saat ini.

foto penulis

Penulis

adalah seorang Dosen di Bidang Ilmu Komputer. Ia bergelar Master of Computer Science dari Universitas Gadjah Mada.

Anda mencari sesuatu? Cari disini!