Mengenal Kecerdasan Buatan

Anda pasti pernah heran dengan iklan yang tampil di smartphone. Ketika ingin membeli sepatu, dan Anda browsing sepatu di browser, tak lama kemudian iklan sepatu muncul di semua aplikasi media sosial Anda. Wah, pintar bener smartphone ini. Ia bisa tahu mana iklan yang cocok dengan yang Anda butuhkan.

Lain halnya lagi, jika Anda ingin memotret dengan smartphone, kamera juga bisa tahu posisi objek yang ingin Anda fokus. Walaupun Anda tidak memegangnya dengan stabil. Kamera smartphone bisa selalu tahu mana objek yang ingin diberi fokus. Kenapa smartphone bisa pintar sekali ya?

Kedua contoh tadi adalah kecerdasan buatan. Sebenarnya apa sih kecerdasan buatan ini? Arti dari kecerdasan buatan bisa kita dimaknai dalam empat pemikiran. Apa saja? Mari kita bahas satu-persatu.

kecerdasan buatan

Berpikir Secara Manusiawi

Pada pemikiran ini, kecerdasan buatan adalah suatu usaha untuk membuat komputer mampu untuk berpikir, dan membuat suatu aktifitas yang berhubungan dengan cara manusia berpikir menjadi otomatis. Aktifitas-aktifitas ini misalnya seperti: komputer berpikir seperti manusia berpikir, ia juga bisa mengambil sebuah keputusan, dan menyelesaikan suatu masalah yang manusia berikan.

Bertindak Secara Manusiawi

Kecerdasan buatan merupakan seni membuat mesin yang bisa melakukan berbagai hal yang membutuhkan pengetahuan kalau dilakukan oleh manusia. Jadi bisa dikatakan, kecerdasan buatan adalah sebuah bidang ilmu untuk membuat komputer melakukan hal-hal yang saat ini manusia bisa lakukan.

Supaya komputer bisa dibilang cerdas, komputer harus mampu untuk berkomunikasi dalam bahasa manusia, mengingat apa yang ia tahu dan dengar, terus menggunakan ingatannya untuk menjawab berbagai pertanyaan, serta beradaptasi dengan keadaan yang baru.

Berpikir Secara Rasional

Kecerdasan buatan ialah sebuah studi kemampuan mental menggunakan model komputasi. Manusia membuat pembelajaran komputasi yang bertujuan agar komputer dapat memiliki persepsi, berpikir, dan bertindak. Sehingga, program komputer mampu menyelesaikan masalah apapun jika masalah ini dideskripsikan dalam notasi logika. Notasi logika seperti apa? Misalnya, logika if-then. Contohnya if, jika kita makan, then, maka kita kenyang.

Bertindak Secara Rasional

Kecerdasan buatan merupakan bidang ilmu yang mempelajari caranya merancang agen yang cerdas. Makna agen ini bukan seperti agen rahasia CIA, ya. Agen disini maknanya adalah sebuah program yang melakukan tindakannya secara otomatis, bisa mengenali lingkungannya, bekerja dalam waktu yang lama, dan memiliki tujuan dalam pekerjaannya.

foto penulis

Penulis

adalah seorang Dosen di Bidang Ilmu Komputer. Ia bergelar Master of Computer Science dari Universitas Gadjah Mada.

Anda mencari sesuatu? Cari disini!